Pelatihan K3 Pemadam Kebakaran

PELATIHAN K3 PEMADAM KEBAKARAN SERTIFIKASI KEMNAKER RI DENGAN TINGKATAN D C B A

PELATIHAN K3 PEMADAM KEBAKARAN SERTIFIKASI KEMNAKER RI DENGAN TINGKATAN D C B A

Pelatihan K3 Pemadam Kebakaran  merupakan salah satu kursus pelatihan yang penting diikuti. Mengapa demikian? Hal ini karena pemadam kebakaran sangat dibutuhkan masyarakat saat situasi genting. Bagi Anda yang tertarik atau ingin mengenal lebih jauh mengenai pelatihan ini, maka bisa simak pembahasan berikut.

Mengenal Pelatihan K3 Pemadam Kebakaran

Perlu untuk Anda sadari bahwa kebakaran merupakan salah satu musibah yang tak bisa kita prediksi sebelumnya. Musibah kebakaran pun tak hanya bisa menghanguskan bangunan saja, melainkan juga hutan, kendaraan, dan masih banyak lagi. Dalam situasi yang darurat tersebut, perlu pemadam kebakaran untuk menghentikan kobaran api secara tepat dan cepat.

Untuk menjadi pemadam kebakaran terpercaya, tentu bukan hal yang mudah dan terjadi secara instan. Butuh keahlian khusus agar bisa menjadi pemadam kebakaran profesional. Dalam hal ini, Anda bisa ikuti Pelatihan K3 Pemadam Kebakaran  untuk menjadi ahli di bidang tersebut.

Sesuai dengan namanya, kursus ini berupa kursus untuk Anda yang ingin terjun sebagai pemadam kebakaran. Kursus pelatihan ini memberikan pengetahuan dasar mengenai pencegahan sekaligus penanggulangan kebakaran. Bukan hanya itu saja, pelatihan ini juga mempersiapkan peserta maupun tenaga kerja yang ingin menanggulangi musibah kebakaran di suatu tempat.

Latar Belakang Pelatihan

Sebagaimana yang sudah kita singgung di atas bahwa musibah kebakaran memang tak bisa terdeteksi. Musibah ini bisa terjadi kapan dan di mana saja. Alasannya juga beragam. Mulai dari konsleting, ledakan tabung gas, membuang puntung rokok sembarangan, dan masih banyak lagi.

Adanya Pelatihan K3 Pemadam Kebakaran , harapannya berbagai musibah kebakaran bisa teratasi secara cepat dan benar. Dalam membahas mengenai latar belakang pelatihan ini, tentu juga menarik apabila mengetahui dasar hukumnya. Pelaksanaan pelatihan memang mendapat dukungan dari banyak dasar hukum.

Salah satu dasar hukumnya yaitu Undang-Undang no 1 tahun 1970 mengenai keselamatan kerja. Selanjutnya ada Keputusan Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia no KEP-186/MEN/1999 soal unit penanggulangan kebakaran yang terjadi di tempat kerja. Kemudian ada Permenaker no 4 tahun 1980 perihal alat pemadam api ringan.  Dan Permenaker RI No. 02/Men/1992 tentang Tata Cara Penunjukan, Wewenang & Kewajiban Ahli K3.

D. Petugas peran kebakaran
C. Regu penanggualangan kebakaran
B. Koordinator unit penanggulangan kebakaran
A. Ahli K3 spesialis penanggulangan kebakaran sebagai penanggung jawab teknis.

Tujuan Mengikuti Pelatihan

Adanya Pelatihan K3 Pemadam Kebakaran  tentu bukan tanpa tujuan. Ada banyak tujuan kenapa terdapat pelatihan ini. Tujuan tersebut juga berkaitan erat dengan manfaat yang akan peserta dapatkan setelah mengikuti pelatihan. Berikut beberapa tujuannya.

Memberi Pengetahuan Dasar

Salah satu tujuannya yaitu pelatihan sebagai sarana untuk memberikan pengetahuan dasar kepada peserta. Adapun pengetahuan dasar yang kita maksud yaitu pencegahan kebakaran. Peserta akan mendapatkan wawasan luas mengenai apa saja hal yang perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran.

Pencegahan memang penting kita lakukan melebihi upaya penanganannya. Misalnya saja mengecek kondisi arus listrik secara berkala, memastikan telah mematikan kompor ketika Anda tinggal bepergian, tidak membuang puntung rokok sembarangan, dan lain sebagainya. Dalam pengetahuan dasar ini, Pelatihan K3 Pemadam Kebakaran  juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap perilaku keseharian yang bisa mencegah kebakaran.

Selain pencegahan, peserta juga akan berbekal pengetahuan dasar mengenai penanggulangan kebakaran. Pengetahuan tersebut sangat bermanfaat karena bisa memudahkan peserta dalam melakukan langkah yang tepat untuk menangani kebakaran. Dengan demikian, kebakaran bisa segera padam.

Mempersiapkan Petugas Kebakaran

Tujuan selanjutnya dari adanya pelatihan ini yaitu sebagai wadah untuk mempersiapkan petugas ataupun tenaga kerja yang ahli dalam memadamkan kebakaran. Sudah bukan rahasia lagi apabila pelatihan ini mampu melahirkan petugas pemadaman yang profesional dan ahli di bidangnya. Kebakaran memang tak bisa ditangani oleh sembarang orang. Terlebih lagi untuk kebakaran dalam skala berat.

Menyadari hal tersebut, tentu pelatihan sangat penting dan bermanfaat. Dengan adanya pelatihan ini, maka masyarakat tak akan kebingungan dalam menemukan pemadam kebakaran yang terbaik dan bisa dipercaya. Semakin banyak pemadam kebakaran yang kompeten di bidangnya, maka kian optimal dalam membantu masyarakat saat menangani masalah kebakaran.

Karena adanya petugas kebakaran yang profesional, maka juga bisa mengantisipasi sekaligus meminimalisir kerugian yang muncul dari kebakaran. Pada umumnya, kerugian yang timbul berupa materi seperti bangunan maupun isi di dalamnya. Bahkan tak sedikit pula kasus kebakaran yang merenggut korban jiwa.

Mengenal Peralatan Penanggulangan Kebakaran

Tujuan tak kalah penting lainnya dari kursus pelatihan ini yaitu membantu peserta dalam mengenal peralatan yang tepat untuk menangani kebakaran. Sebut saja alat pemadam api ringan, alat pemadam api berat, hydrant, dan masih banyak lagi. Bukan hanya mengetahui nama atau jenis saja, melainkan juga fungsi hingga cara penggunaannya.

Berkat memahami secara lebih baik apa saja alat pemadam kebakaran lengkap dengan cara pengoperasiannya, maka peserta pelatihan bisa mudah memadamkan api. Pemadaman api bisa peserta lakukan di tingkat awal secara cepat dengan penggunaan alat yang tepat.

Menambah Wawasan

Pelatihan K3 Pemadam Kebakaran  juga bertujuan untuk menambah wawasan pesertanya. Tak terkecuali wawasan mengenai penyebab terjadinya kebakaran hingga penjalarannya. Dengan mengetahui apa penyebabnya, maka bisa meminimalisir terjadinya kebakaran.

Kemudian dengan tahu bagaimana penjalaran api dalam kebakaran tersebut, maka bisa mempersempit dampak yang timbul. Tanpa tahu seperti apa penjalarannya, maka kebakaran bisa merembet luas. Dengan begitu, efek kebakaran akan merugikan semakin banyak pihak.

Pentingnya Pemadam Kebakaran

Kebakaran bisa terjadi faktor kelalaian manusia maupun faktor alam seperti tersambar petir. Mau apapun penyebabnya, tentu saja kebakaran harus segera kita hentikan supaya tidak menyebar luas. Dalam hal ini, butuh peran dari pemadam kebakaran.

Pemadam kebakaran mampu menghentikan kobaran api secara cepat sesuai dengan tugas pokok maupun fungsinya. Pemadam kebakaran juga selalu siaga sehingga siap melaksanakan tugas apabila sewaktu-waktu terdapat laporan kebakaran pada wilayah tertentu. Tugas yang pemadam kebakaran emban memang tak mudah dan mempunyai risiko tinggi.

Mengetahui hal tersebut, tentu bukan pemadam kebakaran abal-abal yang boleh melakukannya. Pemadam kebakaran mempunyai Standar Prosedur Operasional yang baik agar melancarkan tindakan pemadaman api. Risiko kecelakaan kerja selama memadamkan api juga bisa terminimalisir secara baik.

Untuk menjadi pemadam kebakaran dengan kualifikasi tersebut, bisa Anda wujudkan melalui kursus. Dengan Pelatihan K3 Pemadam Kebakaran , maka Anda menghentikan api secara terarah dan optimal. Meski pemadam kebakaran sudah ahli di bidang tersebut, tetapi akan semakin maksimal apabila mendapatkan bantuan dari masyarakat sekitar.

Bantuan tersebut mulai dari melaporkan kejadian kebakaran secara tepat waktu, membukakan jalan agar lebih cepat sampai ke lokasi, hingga mengikuti koordinasi yang baik sesuai arahan dari petugas. Berkat kerjasama yang baik antara pemadam kebakaran dan masyarakat sekitar, maka kobaran api tidak akan menyambar area lainnya. Melihat ada banyaknya tujuan ataupun manfaat dari pemadam kebakaran, jelas menguntungkan apabila mengikuti kursus ini.

Tak bisa kita pungkiri bahwa pelatihan ini memang begitu penting. Manfaatnya bisa banyak pihak rasakan. Dengan mengikuti Pelatihan K3 Pemadam Kebakaran , maka bisa menjadi petugas yang ahli, profesional, dan kompeten di bidangnya. Berbagai masalah kebakaran bisa Anda atasi tanpa menghabiskan banyak waktu.

Silakan Chat dengan salah satu Account Executive Kami
WeCreativez WhatsApp Support
Admin 1
Didy
Available
WeCreativez WhatsApp Support
Admin 2
ABDUL
Available