Pelatihan Ahli K3 Umum KEMNAKER RI

TRAINING AHLI K3 UMUM PEKANBARU KEMNAKER RI

PELATIHAN AHLI K3 UMUM PEKANBARU KEMNAKER RI (6)

LATAR BELAKANG PELATIHAN AHLI K3 UMUM

PELATIHAN AHLI K3 UMUM merupakan program KEMNAKER RI guna menyiapkan Ahli K3 di perusahaan yang mampu menolong meningkatkan K3 di perusahaan.

Training Ahli K3 Umum yakni wujud pemilihan alias evaluasi tertentu untuk seorang alias kekuatan teknis khusus yang sempat meneladan bimbingan aparat K3 (safety officer) alias bimbingan instruktur K3 yang berperhatian selaku ahli K3 seperti di tujuan dalam UU 1 tahun 1970 serta peraturan pelaksananya. Dimana durasi penerapan terseb pelatihan sekurang-kurangnya dalam 120 jam pelajaran alias sepanjang 12 hari efisien.

Dengan tutur lain Sertifikasi Ahli K3 Umum merupakan pemodalan terpositif guna kalian yang berharap berprofesi di pekerjaan K3, karna kelakuannya yang mampu didapat dalam tiap pabrik serta lingkup kerja karier K3.

DASAR HUKUM TRAINING AHLI K3 UMUM

Ahli K3 umum merupakan perseorangan terbentuk serta di sisi K3 yang berlaga guna menjalankan aksi operasional K3 pantas sisi perusahaan itu yang dibuktikan dengan sijil ahli K3 umum. kehadiran ahli K3 umum dalam sesuatu perusahaan ini selaku tanggungan yang dicanangkan oleh penguasa pada perusahaan-perusahaan guna kurangi resiko kerja. tetap saja pelatihan ahli K3 umum dilatarbelhendakgi peraturan-peraturan penguasa terpaut K3 ini. Dengan tanggungan terdapatnya ahli K3 umum di bermacam lembaga, tetap saja mesti terdapatnya regenerasi SDM yang terampil di sisi ini.

UU no. 1 Tahun 1970, Permen No.4/MEN/87 pasal 2 yang mengharuskan setiap perusahaan memiliki ahli K3. Kemenker No.239/MEN/2003 yang mengatur Pedoman Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi. Ada pula PerMenTenaga Kerja Per.02/Men/1992 yang mengatur tata cara penunjukan, kewajiban, dan wewenang ahli keselamatan dan kesehatan kerja. Salah satu lembaga yang berwenang mengeluarkan sertifikat ahli K3 umum adalah Kemenaker.

Kehadiran ahli K3 pula dibutuhkan dalam perusahaan mengingatkan terdapatnya unsertag-unsertag pertanggungan Sosial serta pertanggungan Lain daya Kerja. Pada UU no 3 Tahun 1992 mengenai Jamsostek mengharuskan perusahaan menjamin keperluan hari lanjut usia serta proteksi yang lain pada kekuatan kerja. pertanggungan itu antara lain menyangkut pertanggungan Kecelakaan kerja, pertanggungan Hari berumur, pertanggungan pengawetan Kesehatan, dan juga pertanggungan Kematian.

APA ITU AHLI K3 UMUM

Pelatihan ahli K3 umum yakni pelatihan di sisi Keselamatan serta Kesehatan Kerja supaya pengikut meraih penerimaan serta kepiawaian selaku sempurna dalam operasional K3 selaku umum. Pelatihan ini selaku umum menyangkut perawatan kesehatan serta kesejahteraan di lingkup kerja, proteksi pada teman kerja, keluarga pekerja, pengguna, dan juga orang lain yang barangkali terdampak dengan daerah kerja. brevet ahli K3 umum selaku persyaratan ahli K3 umum yang mampu diajukan oleh perusahan-perusahaan pada lazimnya.

Pelatihan ini pula menunjukan pada gimana utamanya K3 pada watak, kesahihan, serta keuangan baik perorangan atau perusahaan. Pada pelatihan ahli K3 umum kalian akan menerima penerimaan terpaut penghindaran, pemberian penalti, kerugian kecelakaan kerja, perlindungan dan pengobatan luka imbas kecelakaan kerja, dan juga penyediaan perlindungan kesehatan. Sertifikasi ahli K3 umum mengidentifikasikan mengisyaratkan kalian ada kepiawaian yang mampu kalian jalani pada perusahaan-perusahaan umum terpaut kesejahteraan dan kesehatan kerja.

TUJUAN DAN MANFAAT PELATIHAN AHLI K3 UMUM

Setelah menyelesaikan program pelatihan ini, peserta diharapkan mampu :

    1. Menjelaskan hak pekerja dalam bidang K3
    2. Menjelaskan tugas, wewenang dan tanggung jawab Ahli K3
    3. Menjelaskan kepada pengusaha bahwa upaya K3 menguntungkan bagi perusahaan
    4. Menjelaskan tujuan sistem manajemen K3 (SMK3)
    5. Menjelaskan sistem pelaporan kecelakaan
    6. Menganalisa kasus kecelakaan, mengetahui faktor penyebabnya dan dapat menyiapkan laporan kecelakaan kepada pihak terkait.
    7. Mengenal P2K3, tugas, tanggung jawab dan wewenang organisasi ini – Mengenal pembinaan dan pengawasan K3 di tingkat perusahaan, Nasional dan Internasional
    8. Mengidentifikasi obyek pengawasan K3
    9. Mengetahui persyaratan dan pemenuhan terhadap peraturan perundangan di tempat kerja.
    10. Mengetahui persyaratan keselamatan dan kesehatan kerja di tempat kerja
    11. Mengetahui proses audit dan ruang lingkupnya untuk mengukur tingkat pencapaian
Persyaratan Mengikuti Pelatihan K3 Umum

Beberapa persyaratan dokumen yang harus dipenuhi bagi calon peserta pelatihan ahli K3 umum adalah sebagai berikut :

  1. Pendidikan terakhir minimal D.III
  2. Berpengalaman kerja di bidang terkait minimal 1 tahun
  3. Melampirkan foto copy ijazah terakhir
  4. Melampirkan foto copy KTP
  5. Melampirkan pas foto background merah ukuran 1,5cm x 2cm 4cm x 6cm masing-masing 4 lembar
  6. Melampirkan surat keterangan sehat dari klinik /RS terdekat
  7. Melampirkan surat pengantar /keterangan /penunjukan dari perusahaan
Silakan Chat dengan salah satu Account Executive Kami
WeCreativez WhatsApp Support
Admin 1
Didy
Available
WeCreativez WhatsApp Support
Admin 2
ABDUL
Available